Kartu Pokemon Ubah Hidup Pejudo Inggris Ini - Kompas.com

Kartu Pokemon Ubah Hidup Pejudo Inggris Ini

Tabita Diela
Kompas.com - 24/07/2012, 18:09 WIB

DARTFORD, KOMPAS.com - Ashley McKenzie tersenyum lebar, ketika menceritakan bagaimana perkelahiannya memperebutkan kartu Pokemon telah mengubah hidupnya. Ia berubah dari dari anak muda yang bermasalah, menjadi salah satu harapan terbesar Inggris untuk mendapatkan medali dari cabang judo dalam Olimpiade Inggris 2012.

Setelah dikeluarkan dari sekolah karena terlibat perkelahian di dekat rumahnya di London Barat, hidup McKenzie, yang waktu itu berusia 11 tahun, berubah. Perkelahian itu dipicu karena seorang anak laki-laki mencoba untuk mengambil satu pak kartu Charizard Pokemonnya yang berharga.

"Charizard ini adalah kartu yang terbaik. Kartu ini seperti hidup saya waktu itu," ujarnya.

"Saya memegang kaosnya, dan entah bagaimana tiba-tiba saya sudah di atas bahunya. Dulu saya adalah seorang petinju, jadi saya tahu ini tidak benar."

"Saya mendatanginya lagi, dan ketika mendekatinya, saya dilempar lagi olehnya. Saya berpikir, apa yang terjadi? Bagaimana dia bisa melempar saya? Dia melukai saya."

McKenzie bergegas pulang ke rumahnya dan mencari info dari internet. Belakangan, ia mengetahui bahwa ia telah dikalahkan dengan jurus-jurus judo. McKenzie pergi ke klub olahraga setempat dan ia bertemu dengan anak laki-laki yang telah mengalahkannya. Lengkap dengan kartu Pokemon miliknya.

"Kami saling bicara, lalu kami menjadi teman. Saya kemudian mulai menekuni judo. Tentu saja, saya mendapatkan kartu Pokemon saya kembali," tambahnya dengan tawa.

McKenzie, yang sekarang berusia 23 tahun, sangat terbuka soal masa lalunya yang bermasalah. Ia sangat bangga akan bagaimana ia mengubah hidupnya.

Dulu ia rutin dikeluarkan dari sekolah dan menghabiskan waktu di penjara anak-anak. Namun, dengan bergabung dalam judo, bakatnya terlihat dan rentetan kemenangan di kejuaraan junior pun diraihnya.

"Saya mulai memenangkan pertandingan demi pertandingan, dan saya pikir ibu saya bahagia mendengar hal tersebut. Saudara dan ayah saya juga senang. Dulu saya selalu bermasalah di sekolah," katanya.

"Ini seperti menyeimbangkan. Saya melakukan sesuatu yang positif. Saya memfokuskan semua energi saya pada judo. Dari titik itu, hidup saya melonjak."

Jika berbicara mengenai harapan McKenzie akan medali emas Olimpiade, nampaknya atlet muda ini benar-benar menginginkannya. Namun, walaupun nanti di Olimpiade London 2012 ini ia tidak mendapatkan medali, McKenzie bersikukuh menginginkan emas di Olimpiade Brasil 2016 mendatang.

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    PenulisTabita Diela
    EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo
    Close [X]
    Radio Live Streaming
    Sonora FM • Motion FM • Smart FM