Rabu, 3 September 2014

News / Olahraga

Grand Slam Perancis Terbuka

Singkirkan Federer, Djokovic Bertemu Nadal di Final

Sabtu, 9 Juni 2012 | 00:48 WIB

PARIS, Kompas.com - Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, dengan mudah meraih tiket final Perancis Terbuka, Jumat (8/6/2012). Melawan pemain nomor tiga dunia, Roger Federer, unggulan utama asal Serbia ini menang 6-4, 7-5, 6-3.

Ini adalah final pertama Djokovic di Roland Garros. Di partai puncak grand slam lapangan tanah liat ini, Djokovic akan menghadapi unggulan kedua dari Spanyol dengan status juara bertahan, Rafael Nadal, yang menyingkirkan rekan senegaranya, David Ferrer.

Dengan hasil ini, Djokovic, yang sudah merengkuh gelar di Wimbledon, AS Terbuka, dan Australia Terbuka, semakin dekat dengan sejarah sebagai petenis yang merengkuh empat grand slam secara beruntun - menyamai prestasi Rod Laver. Sedangkan bagi Federer, ini berarti dia gagal menambah koleksi trofi grand slam, setelah tercatat sebagai pemain dengan gelar grand slam terbanyak yaitu 16 - trofi terakhir diraih di Australia Terbuka 2010.

Namun, bukan perkara mudah bagi Djokovic ketika bertemu Nadal di partai final, Minggu (10/6/2012). Pasalnya, Nadal yang kini mengoleksi 52 kemenangan di Roland Garros, juga sedang berburu sejarah sebagai petenis pertama yang tujuh kali juara Perancis Terbuka.

"Saya senang bisa sampai final di sini, selalu sulit bermain melawan Federer," ujar Djokovic, yang rekor 43 kemenangannya secara beruntun dihentikan Federer di babak serupa (semifinal) di Roland Garros pada 12 bulan silam.

"Merupakan sebuah impian berada di final, tetapi Rafa, yang selalu bermain bagus di sini, akan tetap jadi favorit."

 


Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Sumber: