Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rafid Topan Start Ke-8 Supersport 600 CC

Kompas.com - 12/05/2012, 22:51 WIB

SEPANG, Kompas.com - Rafid Topan akan start dari tempat ke-8 seri pertama Asian Road Race Championship (ARRC) kelas Supersport 600 cc. Hasil tersebut dia raih dari hasil kualifikasi di sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (12/5/2012).

Hasil tersebut sudah memuaskan untuk musim perdana Topan di kelas bergengsi itu. Pebalap Yamaha Indoprom TJM KYT itu mencetak waktu 1 menit 7,006 detik, terpaut 01,971 detik dengan pemegang pole position, Katsuaki Fujiwara, dari Jepang.

"Hasil ini memuaskan karena Topan baru ikut balapan di kelas 600 cc ini pertama kali. Indonesia mempunyai bibit baru untuk kelas 600 cc dan untuk MotoGP di masa datang. Untuk target tahun ini sementara dua podium sudah cukup," ungkap Bambang Asmarabudi, pemilik tim Yamaha Indoprom TJM KYT.

Rekan setim Topan, Dimas Eky, tidak sempat ikut kualifikasi karena terkendala dengan sistem kelistrikan pada mesin, sehingga motornya mati. Dimas tetap wajib ikut latihan besok pagi tapi tidak memengaruhi posisi start, tetap di urutan terakhir.

Sehari sebelum kualifikasi, Topan dan Dimas Eky menjalani dua kali latihan. Pada latihan pertama Topan ada di urutan ke-9 dan Dimas 15. Karena terjatuh, tangki dan knalpot motor Topan rusak, dan trouble mesin membuat motor Dimas harus di-setting ulang. Di latihan kedua, Topan dan Dimas sama-sama jatuh sehingga hasilnya tertinggal jauh, masing-masing di urutan ke-14 dan 16.

"Walaupun jatuh fighting spirit mereka tetap tinggi, sambil menunggu part dari Jakarta, mereka ingin memperbaiki catatan waktu," ucap Bambang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com