Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggal Ketiga dan Ganda Kedua Harus Dapat Poin!

Kompas.com - 07/02/2012, 18:56 WIB

SEMARANG, Kompas.com - Mantan pebulutangkis nasional, Hastomo Arbi, berpendapat tim Uber Indonesia memiliki andalan di tunggal ketiga dan ganda kedua saat menghadapi Thailand pada babak kualifikasi zona Asia di Makau, 13-19 September 2012.

"Saya kira kalau tunggal pertama dan kedua, serta ganda pertama peluangnya fifty-fifty tetapi tunggal ketiga dan ganda kedua kita lebih unggul dibandingkan Thailand," kata Hastomo ketika dihubungi dari Semarang, Selasa (7/2/12).

Tinggal satu angka, kata pahlawan Piala Thomas 1984 (saat itu mengalahkan Han Jian dari China) itu, bisa diambil dari tiga nomor lainnya yaitu tunggal pertama dan kedua, serta ganda pertama.

"Saya kira kita bisa menjadi juara grup dengan mengalahkan lawan berat Thailand meski kita sempat kalah 1-3 pada babak final beregu putri SEA Games XXVI/2011, dengan catatan semua pemain tampil semangat," katanya.

Tunggal pertama Indonesia, Ardiyanti Firdasari, dipastikan bertemu Inthanon Ratchanok, tunggal kedua Lindaweni Fanetri atau Maria Febe Kusumastuti bakal bertemu Porntip Buranapresertsuk. Tunggal ketiga Maria Febe Kusumastuti atau Balleatrix Manuputy bakal bertemu Sapsiree Taerattanachai.

Pada ganda pertama, pasangan Meiliana Jauhari/Greysia Polii bakal bertemu Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul. Ganda kedua Anneke Feinya Agustin/Nitya Krishinda Maheswari kemungkinan bertemu Savitree Amitrapai Somsari Nessara.

Tim Uber Indonesia di Grup Y bersama Thailand, Srilanka, dan Kazakhstan. Pada pertandingan pertama 13 Febuari 2012, mereka akan bertemu Srilanka, sedangkan hari berikutnya bertemu Kazakhstan sebelum bertarung melawan Thailand.

Indonesia harus keluar sebagai juara grup untuk menghindar bertemu juara bertahan China yang dipastikan akan menjadi juara Grup W. Jika juara grup, lawan Indonesia pada babak perempar final adalah India atau Malaysia.

Pelatih ganda putri, Aryono Miranat seperti yang dikutip dari situs PB PBSI menyatakan optimistis bisa mencuri angka dari dua nomor ganda yang diperkuat Meiliana/Polii, Anneke Feinya/Nitya, dan Liliyana Natsir/Shendy Puspa Irawati.

"Kemungkinan besar Duanganong/Kunchala akan turun sebagai ganda pertama. Saya rasa Polii/Meli akan cocok melawan mereka karena pasangan Thailand ini memiliki tipe permainan yang disukai Greysia/Melu yaitu permainan cepat," katanya.

Pasangan Anneke/Nitya pernah mengalahkan Duanganong/Kunchala pada SEA Games 2011 dalam dua gim langsung 22-20 dan 21-9.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com