Minggu, 26 Oktober 2014

News / Olahraga

Tinju

Pertarungan Pacquiao Vs Mayweather Batal Lagi

Kamis, 19 Januari 2012 | 20:20 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Harapan penggemar tinju dunia untuk menyaksikan pertarungan besar antara super star Filipina Manny Pacquiao versus petinju Amerika Serikat, Floyd Mayweather kembali pupus. Promotor Bob Arum mengatakan, laga yang semestinya digelar bulan Mei hampir pasti batal karena masalah ekonomi dan ketidaksiapan sarana.

"Pertarungan batal. Tapi, kami sudah rencanakan lagi untuk menggelarnya bulan November. Sebelumnya kami memang merencanakan bulan Mei, tapi itu tidak mungkin dilakukan," tegas Arum, Kamis (19/1/2012).

Dengan pembatalan ini, maka Pacquiao akan melanjutkan jadwal pertarungan selanjutnya 9 Juni mendatang. Arum tidak menyebut siapa petinju yang bakal dihadapi Pacquiao. Namun beberapa nama, seperti Timothy Bradley, Miguel Cotto, Juan Manuel Marquez dan Lamont Peterson masuk nominasi.

Meski sudah dirancang bulan November, pertarungan Pacquiao juga belum jaminan bisa digelar. Pasalnya setelah bulan Juni Mayweather punya kewajiban wajib lapor polisi dan menjalani hukuman kerja sosial selama 90 hari akibat perbuatan kriminal kekerasan yang dilakukan terhadap kekasihnya.

Batalnya mega pertarungan antara Pacquiao melawan Mayweather ini bukan kali pertamanya. Tahun lalu pertarungan kedua petinju ini juga urung digelar setelah Manny Pacquiao menolak untuk mematuhi aturan pengujian obat gaya Olimpiade sebagaimana yang diminta oleh pihak manajemen Mayweather.

Peraturan olimpiade mengharuskan para atlet untuk diuji terhadap penggunaan obat obat terlarang menggunakan metode sampling acak dengan di ambil darah dan air seni sebelum dan sesudah pertarungan. Prosedur ini dapat mendeteksi apakah atlet menggunakan obat terlarang atau tidak muncul dalam air seni sendiri, karena prosedur ini sudah benar-benar teruji.

Batalnya laga ini juga akan membuat Mayweather kecewa. Pasalnya demi pertarungan dengan Pacquiao, Mayweather rela menangguhkan hukuman penjara."Hukuman penjaraku telah diundur karena tanggal pertarungan sudah ditentukan," ujar petinju berusia 34 tahun itu.

Pacquiao sendiri bukannya tidak mau meladeni tantangan Mayweather karena awalnya Mayweather tidak ada dalam daftar pertarungan selanjutnya yang akan dihadapinya.

Pelatih Pacquiao, Freddie Roach mengatakan, duel petinjunya dengan Mayweather layak ditunggu. Dia bahkan menyebut laga ini layak digelar di Dallas, Texas atau Dubai "Dallas tempat yang cocok karena bisa mendatangkan 100 ribu orang di Cowboys Stadium. Tapi Dubai juga bagus karena banyak uang yang terkumpul," ujarnya. 

 


Penulis: Gatot Widakdo
Editor : Robert Adhi Ksp