Minggu, 20 April 2014

News / Olahraga

Palembang Incar Asian Games

Selasa, 6 Desember 2011 | 14:27 WIB

Baca juga

PALEMBANG, KOMPAS.com — Provinsi Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games karena fasilitas yang dimiliki daerah itu sudah memenuhi syarat dalam pelaksanaan pesta olahraga internasional tersebut.
    
Kesiapan itu disampaikan Gubernur H Alex Noerdin di hadapan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng saat dialog beberapa waktu lalu di Jakarta, kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel, Robby Kurniawan, di Palembang, Selasa (6/12/2011).  
   
Lebih lanjut, dia mengatakan, bila Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games, Sumsel siap menjadi tempat penyelenggaraan pesta olahraga akbar tersebut.

Kesiapan itu karena telah terbukti bahwa Sumsel sudah menyelenggarakan SEA Games ke-26 yang pelaksanaannya berlangsung lancar dan tidak mengalami hambatan berarti.

Dengan modal tersebut maka provinsi yang sering melaksanakan pesta olahraga tingkat nasional bahkan internasional itu akan bisa menjadi tuan rumah kegiatan olahraga mendatang, kata Gubernur.

Oleh karena itu, setelah SEA Games, Sumsel ingin berbuat lebih baik lagi seperti menjadi tuan rumah Asian Games sehingga perkembangan olahraga di daerah ini semakin bergairah, kata dia.

Dalam kesempatan itu, kata Robby, Gubernur juga menyampaikan bahwa fasilitas olahraga di Jakabaring, Palembang, akan digunakan untuk Sekolah Olahraga Sriwijaya yang sekarang sudah ada.

Selain itu, di kawasan Jakabaring juga akan didirikan Sekolah Tinggi Olahraga sehingga fasilitas tersebut dapat digunakan secara berlanjut, katanya.
   
Begitu juga wisma atlet, menurut dia, akan digunakan untuk siswa sekolah olahraga, termasuk kegiatan pelatihan nasional.
   
Sementara Menpora dalam dialog tersebut juga mengatakan, dirinya merasa bangga pelaksanaan SEA Games berjalan sukses baik prestasi, penyelenggaraan, maupun pemberdayaan ekonomi rakyat.
   
Dalam kesempatan itu Menpora juga mengatakan akan mengevaluasi hasil pesta olahraga se-Asia Tenggara lalu, termasuk fasilitas pertandingan yang ada di Jakabaring, Palembang.


Penulis: A. Tjahjo Sasongko
Editor : A. Tjahjo Sasongko
Sumber: