Kamis, 31 Juli 2014

News / Olahraga

ATP World Tour Finals

Tsonga Singkirkan Rafael Nadal

Jumat, 25 November 2011 | 07:41 WIB

LONDON, Kompas.com - Rafael Nadal tersingkir dari turnamen akhir tahun ATP World Tour Finals, yang berlangsung di London. Pada laga pamungkas penyisihan Grup B di O2 Arena, Kamis (24/11/11), petenis kidal asal Spanyol ini menyerah 6-7 (2/7), 6-4, 3-6 dari pemain Perancis, Jo-Wilfried Tsonga.

Pemain nomor dua dunia tersebut harus memenangi laga ini untuk meraih tiket semifinal, mendampingi sang juara bertahan, Roger Federer, serta kompatriotnya, David Ferrer, yang sudah lebih dulu lolos. Tetapi, runner-up tahun lalu ini harus menerima kenyataan pahit tersebut.

Dengan hasil ini, maka dari Grup B meloloskan Federer sebagai juara grup, dan Tsonga. Di babak empat besar nanti, Federer berjumpa runner-up Grup A, sedangkan Tsonga bertemu juara Grup A.

Sedangkan bagi Nadal, yang belum pernah merengkuh gelar di turnamen ini, dia harus pulang membawa kekecewaan. Akan tetapi, peraih 10 gelar grand slam tersebut tak boleh larut dalam kekecewaan, karena dia harus memimpin Spanyol dalam pertarungan final Piala Davis melawan Argentina.

Secara keseluruhan, Nadal hanya meraih satu kemenangan ketika menaklukkan Mardy Fish di laga pembuka. Setelah itu, dia menyerah dengan sangat mudah dari rivalnya dari Swiss, Federer, dengan dua set langsung 3-6, 0-6.

Apa yang diperlihatkan dalam event ini menjadi bukti bahwa performa Nadal sedang anjlok. Padahal, mantan pemain nomor satu dunia tersebut berharap turnamen di London ini bisa menjadi momen kebangkitannya, setelah hanya merengkuh satu gelar bergengsi sepanjang 2011, yaitu Grand Slam Perancis Terbuka.


Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Sumber: