Selasa, 30 September 2014

News / Olahraga

SEA Games XXVI

Tenis, Christo dan Ayu Raih Emas

Minggu, 20 November 2011 | 20:31 WIB

Terkait

PALEMBANG, KOMPAS.com Christopher Rungkat dan Ayu Fani Damayanti akhirnya mengawinkan medali emas dari nomor tunggal perorangan tenis SEA Games XXVI/2011 setelah mengalahkan lawan-lawannya, Minggu (20/11/2011).

Christo menang meyakinkan 6-2, 6-2 atas jagoan Thailand, Danai Udomchoke, sedangkan Ayu menang 6-4, 6-1 atas jagoan Thailand, Noppawan Lertcheewakarn. Kemenangan Christo terbilang luar biasa karena sepanjang tahun 2011 ini dia tiga kali kalah dari Danai. 

Medali emas di nomor tunggal putra itu berarti memotong kekosongan gelar tunggal putra setelah terakhir Indonesia memenangi emas di tunggal putra pada 1993 melalui Suwandi. "Kuncinya di gim pertama. Begitu saya bisa menang di gim itu, kepercayaan diri saya semakin tinggi dan saya pun bermain lebih tenang," papar Christo yang memang merebut set pertama dari Danai.

Danai juga mengakui, kekalahan di gim pertama itu membuat kepercayaan dirinya langsung anjlok. "Saya datang ke sini untuk meraih medali emas. Hal itu memang membuat saya agak gugup, ditambah lagi permainan Christo tadi sangat bagus. Dia telah maju jauh dari pertandingan kami sebelumnya," ujar Danai.

Sementara itu, Ayu yang sempat tertinggal 2-4 di set pertama akhirnya bisa menemukan irama permainannya dengan bermain lebih lepas. Ayu mengaku terganggu karena harus menunggu lebih dari empat jam akibat hujan.

Penundaan itu selain membuatnya lelah juga tidak nyaman. Akan tetapi, Ayu mengaku menemukan titik baliknya pada angka 3-4 di set pertama. Karena, setelah itu kepercayaan dirinya semakin tinggi dan dia pun bermain semakin nyaman.


Penulis: Rakaryan Sukarjaputra
Editor : Marcus Suprihadi