Rabu, 26 November 2014

News / Olahraga

Grand Slam AS Terbuka

Ditandai Protes, Stosur Juara

Senin, 12 September 2011 | 05:45 WIB

NEW YORK, Kompas.com — Samantha Stosur menjadi petenis Australia pertama yang menjuarai AS Terbuka, Minggu, dengan  mengalahkan Serena Williams di final.

Dalam pertandingan final yang berlangsung pqnas dan ditandai perdebatan, Stosur mengalahkan Serena dalam dua set, 6-2 6-3.

Ini merupakan gelar juara turnamen grand slam pertama buat Stosur. Ia juga sekaligus merusak harapan publik AS untuk menyaksikan Serena menjadi juara dalam peringatan 10 tahun terjadinya tragedi 11 Septmeber.

Ini juga merupakan antiklimaks buat Serena yang tampil luar biasa untuk menyingkirkan petenis peringkat satu dunia, Caroline Wozniacki, di babak semifinal, Sabtu.

Ia juga terlibat perdebatan dengan wasit yang menghukumnya dengan memotong nilai saat awal set kedua. Kejadian ini merupakan ulangan dari semifinal AS Terbuka 2009 saat Serena berhadapan dengna Kim Clijsters ynag kemudian menjadi juara.

Stosur yang diunggulkan di tempat sembilan menjadi petenis Australia pertama yang menjuarai AS Terbuka setelah Margaret Court melakukannya pada 1973. Sementara petenis Australia terakhir ynag meraih gelar juara di turnamen grand slam adalah Evonne Goolagong Cawley saat meraih juara di Wimbledon pada 1980.


Editor : A. Tjahjo Sasongko
Sumber: