Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Lorenzo untuk Pertahankan Gelar Kian Tipis

Kompas.com - 29/08/2011, 20:31 WIB

INDIANAPOLIS, Kompas.com - Harapan Jorge Lorenzo untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP kian tipis. Hasil buruk di GP Indianapolis, Minggu (28/8/11) sore atau Senin (29/8/11) dini hari WIB, membuat pebalap Yamaha tersebut kian jauh tertinggal dari rivalnya dari tim Repsol Honda, Casey Stoner, yang memenangi seri ke-12 itu.

Alih-alih bisa memangkas jarak dengan Stoner, Lorenzo kini terpaut 44 poin, karena hanya finis di urutan empat pada balapan di Indy. Sedangkan Stoner, yang pada awal lomba sempat melorot dua strip meskipun start dari pole position, mengakhiri balapan dengan sangat fantastis karena nyaris tak ada yang bisa menandinginya.

Daya cengkeram ban depan menjadi faktor utama yang membuat Lorenzo tampil buruk selama 28 lap. Padahal, di awal lomba dia sempat bertarung untuk memperebutkan podium nomor satu, karena sudah mengalahkan Stoner dan bersaing dengan Dani Pedrosa.

Apa daya, Lorenzo harus menerima kenyataan pahit tersebut. Mulai pertengahan balapan, performa motornya semakin menurun sehingga dia bukan hanya jauh tertinggal dari Stoner dan Pedrosa, tetapi malah dilibas rekan setimnya di Yamaha, Ben Spies, yang akhirnya berhak menempati peringkat tiga.

Dengan tiga kemenangan beruntun dari total tujuh kemenangan selama musim 2011, Stoner semakin dekat dengan gelar juara dunia. Mengenai kenyataan ini, Lorenzo mengatakan: "Saya sangat kecewa. Kami melihat begitu banyak pebalap yang mengalami persoalan pada pekan ini dengan ban depan. (Marco) Simoncelli harus menurunkan kecepatannya, lebih dari yang kami alami, dan Valentino (Rossi) tidak pernah bisa cepat.

"Banyak pebalap menghadapi persoalan dan yang lainnya mendapat rasa yang bagus pada bagian depan dan tidak menghadapi persoalan mengenai kondisi lintasan. Memang sulit untuk memahami, tetapi nyatanya seperti ini. Semoga pada trek-trek berikutnya ada yang berbeda, karena aspalnya pun berbeda."

Lorenzo menambahkan, dia sempat berharap perubahan pada pengesetan motornya akan banyak membantu memecahkan persoalan yang dihadapi. Sayang, semua itu tak sesuai skenario.

"Kami berharap bisa memecahkan persoalan menyangkut gelombang di lintasan, tetapi saya tidak memiliki traksi. Ketika saya melakukan pemanasan, saya mendapatkan banyak traksi dibandingkan kualifikasi, sehingga saya sangat optimistis bahwa kami sudah memecahkan persoalan ini. Tetapi persoalan mulai muncul pada lap ketujuh dan saya tidak bisa melakukan apapun.

"Ini memalukan; saya berpikir bisa memangkas gap dengan Casey di Indy, tetapi sejak latihan pertama saya sudah mendapatkan banyak masalah mengenai aspal dan roda depan. Saya melihat tiga pebalap lain yang berada di depan, dan ban mereka sempurna.

"Saya tidak tahu jika itu karena trek dan bukan cuma saya yang mengutarakan keberatan. Sekarang kompetisinya bertambah rumit."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com