Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Chris John Berani Menghadapi Yuriorkis Gamboa

Kompas.com - 03/08/2011, 05:23 WIB

Yuriorkis Gamboa (29) saat ini merupakan petinju yang menguasai dua sabuk gelar juara dunia kelas bulu sekaligus, baik versi IBF maupun WBA. Sementara itu, Chris John (31) yang sudah mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu versi WBA hingga 10 kali menjadi pemegang gelar Super Champion di kelas yang sama dengan Gamboa.

Itu sebabnya, belakangan, setelah mampu menjadi juara dunia WBA 2009, Gamboa yang berasal dari Guantanamo, Kuba, tergelitik untuk menantang sang Super Champion asal Banjarnegara, Jawa Tengah, itu.

Baik Chris John maupun pelatih sekaligus tim manajernya, Craig Christian, asal Australia, belum memberikan konfirmasi yang tegas tentang kemungkinan Chris menghadapi Gamboa.

Itu sebabnya, di majalah tinju dunia, The Ring, edisi Agustus 2011, Barry Rabbits, salah seorang pemerhati tinju dunia, menulis, dengan menerima tantangan Gamboa, hal itu merupakan salah satu cara bagi Chris John untuk mengangkat kehormatan gelarnya sebagai petinju terbaik di kelas bulu WBA.

Apalagi, lanjut Rabbits, The Ring menyediakan gelar untuk mempertemukan juara WBA dan Super Champion WBA yang kebetulan masih belum ada ja- waranya saat ini.

Lawan De Leon

Mengingat saat ini Chris John masih belum memberikan jawaban atas tantangan Gamboa, pemegang medali emas Olimpiade 2004 Athena itu pun mencari lawan lainnya.

Menurut Richard Schaefer, salah satu petinggi Golden Boy, promotor tinju milik Oscar De La Hoya, Gamboa akan dihadapkan dengan Daniel Ponce De Leon, petinju asal Meksiko yang pada 27 Juli lalu genap berusia 31 tahun.

Pertarungan Gamboa versus De Leon direncanakan berlangsung pada 10 September di Andrian Phillips Ballroom, Atlantic City, New Jersey, AS.

Tentu lawan yang dipilih Gamboa itu merupakan lawan yang tidak kalah berprestasi. Sebab, dari 44 pertandingan yang pernah dilalui, De Leon mampu menang 41 kali. Dari 41 kali kemenangan tersebut, ia mampu menang knock out (KO) 34 kali. Sementara tiga pertarungan lainnya diakhiri dengan kekalahan.

Sekalipun belum ada kemungkinan untuk menghadapi Chris John, Gamboa tetap optimistis dengan laga-laga berikutnya. Ini termasuk menghadapi De Leon, yang nantinya berlangsung 12 ronde.

”Ini akan menjadi pertarungan ketiga kalinya berturut-turut bagi saya, untuk menghadapi juara atau mantan juara dunia dari Meksiko,”tutur Gamboa.

”Dan, saya tahu, Meksiko memiliki kisah panjang tentang juara-juara dunia. Begitu juga dengan Kuba. Itu sebabnya, saya akan berusaha memperbaiki penampilan saya karena saya tidak ingin mengecewakan pendu-kung saya,”katany a .

Rasanya, Chris John juga tak ingin mengecewakan pendukungnya, bukan?  (NIC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com