Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Bandingkan Ducati GP11 dan GP11.1

Kompas.com - 20/07/2011, 17:15 WIB

KOMPAS.com — Akhir pekan ini di Laguna Seca, Valentino Rossi bakal mencoba Ducati GP11 dan GP11.1. Pasalnya, tim sudah memberikan garansi akan memberikan dua motor tersebut kepada "The Doctor" untuk dikendarai demi satu tujuan, yaitu merevisi GP11.1.

Pebalap asal Italia itu mengutarakan kekesalannya terhadap performa GP11.1, yang diperkenalkan sejak GP Belanda pada 25 Juni lalu. Padahal, motor tersebut diharapkan menjadi terobosan baru untuk mengatasi kinerja tak memuaskan GP11.

Sayang, performa motor versi baru yang merupakan gabungan sasis GP12 dan mesin 800 cc itu tak sesuai harapan. Bahkan, pada GP Jerman akhir pekan lalu, Rossi menuai hasil terpuruk sepanjang musim 2011 karena saat kualifikasi dia hanya berada di peringkat ke-16.

Karena itu, Rossi langsung mengutarakan keinginannya untuk kembali menggunakan motor versi lama, GP11. Menanggapi hal tersebut, Ducati memberikan solusi, yaitu juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut diberikan kesempatan untuk mencoba GP11 dan GP11.1 secara bergantian saat latihan bebas GP Amerika Serikat akhir pekan ini.

"Saya berpikir bahwa kami akan coba menggunakan kedua versi Desmosedici pada hari Jumat. Dengan demikian, kami bisa membandingkannya dan melakukan beberapa pekerjaan untuk jangka pendek dan jangka panjang karena kami ingin belajar sebanyak mungkin tentang mesin baru ini. Kami menyadari bahwa hal itu bisa menyulitkan karena kami juga harus mempersiapkan diri untuk balapan. Namun kami pikir, dalam rangka meningkatkan performa motor, penting untuk mencobanya," ujar Rossi.

Laguna Seca merupakan salah satu sirkuit yang bersejarah bagi Rossi karena di trek itulah ia pernah bersaing sengit dengan Casey Stoner pada 2008. Namun, pada musim ini, kejadian tersebut sulit untuk terulang lagi melihat performa Ducati yang belum bisa mengimbangi Honda.

Meski demikian, kali ini juara dunia sembilan kali tersebut bisa sedikit bernapas lega dan tidak perlu khawatir lagi karena bos kru Jerry Burgess sudah kembali menemaninya. Burgess harus absen dalam dua seri sebelumnya karena pulang ke Australia untuk mendampingi istrinya yang divonis menderita kanker payudara.

"Bagi saya, Laguna (Seca) memiliki banya tikungan yang hebat, Corkscrew, dan banyak memori indah di situ, termasuk salah satu balapan terbaikku sepanjang karier, pada 2008. Selalu menyenangkan balapan di Amerika Serikat karena penggemar MotoGP di sini benar-benar baik. Namun, tentu saja aku lebih bahagia karena Jerry telah kembali dan saya berharap melihat dia di garasi lagi dengan semua orang."

Meskipun di Jerman dia hanya finis di urutan kesembilan, saat ini Rossi masih berada di peringkat keempat klasemen sementara. Mantan pebalap Honda dan Yamaha ini berada di belakang Casey Stoner (168), Jorge Lorenzo (153), dan Andrea Dovizioso (132). Dalam empat empat seri terakhir, Rossi selalu terlempar dari posisi 10 besar saat kualifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com