Jumat, 29 Agustus 2014

News / Olahraga

Wladimir Klitschko Meninggal Dunia

Kamis, 14 Juli 2011 | 23:30 WIB

BERLIN, Kompas.com — Wladimir Rodionowitsch Klitschko, ayah dari juara dunia tinju kelas berat Vitali dan Wladimir, meninggal dunia akibat kanker, Kamis (14/7/2011).

Wladimir yang merupakan seorang mantan kolonel angkatan udara Uni Soviet dan kemudian Ukraina selama ini tinggal di Ukraina. Ia tinggal jauh dari kedua putranya yang berdomisili di Jerman.

"Keduanya (Vitali dan Wladimir) sangat sedih mendengar berita ini," kata manajer mereka, Bernd Boente. "Kami memang telah lama tahu bahwa ayah mereka tidak akan bertahan lama akibat penyakitnya."

Wladimir tua masih berdinas di angkatan udara Uni Soviet saat terjadi kebocoran reaktor nuklir di Chernobyl pada 1986. Ia kemudian menjalani sisa hidupnya dengan penyakit kanker yang diduga terjadi akibat radiasi ledakan reaktor nuklir Chernobyl itu.

Sang ayah berada di rumah sakit di Hamburg, Jerman, saat putranya, Wladimir, mengalahkan petinju Inggris, David Haye, dan menjadi juara dunia sejati pada 2 Juli lalu.

"Indah sekali melihat sang ayah mengikuti pertarungan anaknya melalui televisi di rumah sakit," lanjut Boente. Vitali dan Wladimir segera pulang ke Ukraina untuk dapat bersama ibu mereka selama pemakaman sang ayah.

Wladimir Klitschko kini menjadi juara dunia kelas berat versi IBF, WBO, dan WBA. Sementara kakaknya, Vitali, memegang sabuk juara dunia tinju kelas berat versi WBC.


Editor : A. Tjahjo Sasongko
Sumber: