Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris John Belum ke Australia

Kompas.com - 12/07/2011, 20:18 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, belum berencana menjalani latihan di Sasana Herry's Gym Perth, Australia, meskipun  sudah ada sinyal positif untuk menghadapi pertarungan ke-15.     

"Sampai kini saya belum mendapat pemberitahuan dari Pelatih Craig Christian yang juga manajernya untuk menjalani latihan di Australia," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Selasa (12/7/2011).     

Menurut petinju dengan julukan "The Dragon" tersebut, ia sudah mendapat informasi dari Promotor Raja Sapta Oktohari soal pertarungan mendatang, tetapi belum bisa dipublikasikan kepada masyarakat. "Soal siapa yang akan menjadi lawan saya, itu yang sedang dicarikan oleh Pak Okto (panggilan Raja Sapta Oktohari)," kata petinju yang sudah 14 kali mempertahankan gelarnya sejak merebutnya dari tangan petinju Panama, Oscar Leon, di Bali, tahun 2003.   

Kemungkinan, kata petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tersebut, untuk berlatih di Australia masih menunggu kalau sudah ada kepastian.    

Biasanya satu atau dua bulan sebelum menjalani latihan, ayah dua putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut selalu menjalani latihan di Sasana Herry’s Gym Perth.     

Kemudian satu atau dua minggu sebelum naik ring, latihan dilanjutkan ke tempat pertarungan sekaligus untuk menyesuaikan dengan kondisi cuaca di daerah itu. Chris John menjalani pertarungan terakhir pada 17 April 2011 saat menang dengan angka atas petinju Kalimantan Barat, Daud "Cino" Yordan (yang saat itu menempati penantang peringkat kelima kelas bulu WBA).      

Suami mantan atlet wushu Jateng tersebut sudah 14 kali menjalani pertarungan untuk mempertahankan gelarnya. Dari jumlah tersebut, lima kali melalui tarung wajib (mandatory fight) dan sembilan kali melalui pertarungan pilihan.     

Lima kali tarung wajib yang telah dijalani Chris John adalah melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Roinet Caballero (Kolombia) dimainkan di Indonesia, dan terakhir Hiroyuki Enoki di Jepang, 24 Oktober 2008.     

Kemudian sembilan tarung pilihan tersebut dimainkan di Indonesia, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat (dua kali melawan petinju tuan rumah Rocky Juarez).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com