Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Kritis, Simon Akhirnya Menang

Kompas.com - 15/06/2011, 19:09 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Simon Santoso melewati rintangan berat pada babak pertama ajang bulu tangkis Singapura Terbuka Superseries, Rabu (15/6/11). Sempat berada dalam kondisi kritis, tunggal putra Indonesia ini akhirnya mengalahkan unggulan keenam dari Vietnam, Nguyen Tien Minh, dengan rubber game 15-21, 24-22, 21-17.

Dengan demikian, Simon mendampingi rekan senegaranya yang merupakan unggulan utama, Taufik Hidayat, yang harus berjuang ekstra keras ketika mengalahkan pemain kualifikasi dari Malaysia, Daren Liew, dengan 22-24, 21-12, 21-18. Di babak kedua turnamen berhadiah 200.000 dollar AS ini, Kamis (16/6/11), Simon bertemu kompatriotnya, Dionysius Hayom Rumbaka, atau pemain Jepang Sho Sasaki.

Dalam laga berdurasi 74 menit ini, Simon nyaris saja tersingkir karena Nguyen sempat meraih game point. Beruntung, Simon bisa keluar dari tekanan sehingga bisa membalikkan keadaan dan memenangkan game kedua dengan deuce 24-22.

Ya, game pertama Simon tak pernah bisa mengejar perolehan poin Nguyen sehingga dia menyerah 15-21. Tetapi pada game kedua, Simon dengan cepat melaju hingga unggul 7-2. Tampaknya, Simon bakal mudah menyelesaikan game tersebut untuk memaksa rubber game.

Namun Nguyen secara perlahan bisa bangkit dan mengejar Simon sampai unggul 19-18. Di sinilah Simon berada dalam fase kritis, karena Nguyen terus berada di depan sampai kedudukan 22-21. Meskipun demikian, Simon tetap bermain sabar dan setelah menyamakan skor menjadi 22-22, dia bisa menambah dua angka lagi untuk menang 24-22.

Pada game ketiga yang menjadi penentu, Simon selalu unggul dalam pengumpulan poin. Bahkan, dia meninggalkan Nguyen dalam kedudukan 8-13. Tetapi, itu bukan berarti Simon bakal dengan mudah meraih kemenangan, karena Nguyen kembali mengejar dan bisa menyamakan kedudukan menjadi 17-17. Dalam posisi tersebut, Simon bisa bangkit lagi untuk menyapu empat poin terakhir sehingga menang 21-17.

Sejauh ini, sudah tiga tunggal putra yang tampil. Sayang, Alamsyah Yunus gagal melangkah ke babak kedua karena menyerah 15-21, 7-21 dari unggulan ketiga asal China, Chen Long. Masih ada tiga wakil yang belum bertanding, yaitu Sony Dwi Kuncoro, Dionysius Hayom Rumbaka dan Tommy Sugiarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com