Kamis, 18 Desember 2014

News / Olahraga

Eksibisi Tarung Derajat

Petarung Thailand Latihan di Bandung

Jumat, 28 Januari 2011 | 19:11 WIB

BANDUNG, Kompas.com - Sebanyak sepuluh petarung Thailand yang disiapkan berlaga di ajang eksibisi SEA Games XXVI/2011 menjalani latihan di Kawah Derajat, Pusat Latihan Olahraga Tarung Derajat di Kota Bandung.

"Tim Thailand sudah tiba di Bandung, mereka akan menjalani latihan mulai Sabtu besok di Kawah Derajat. Mereka datang untuk berlatih dan mengenal tempat kelahiran olagraga ini," kata Guru Utama Tarung Derajat, GHA Ahmad Derajat di Bandung, Jumat (28/1/11).

Atlet Thailand yang berjumlah sepuluh orang itu terdiri dari tujuh atlet putra dan tiga atlet putri. Selain itu mereka didampingi oleh manajer dan pelatih tim.

Rencananya, petarung asal "Negeri Gajah Putih" itu akan berlatih di Kawah Derajat atau pusat pelatihan Tarung Derajat di kawasan Antabaru Kota Bandung hingga 10 Februari 2011 mendatang. Mereka juga akan melakukan uji tanding melawan atlet-atlet terbaik Tarung Derajat.

Selain itu, tim Thailand juga akan memboyong dua pelatih Tarung Derajat untuk melatih atletnya mempersiapkan tim menjelang pertandingan SEA Games 2011. Cabang Tarung Derajat yang menjadi cabang eksebisi rencananya akan digelar di Jakarta.

"Mereka akan melakukan aklimatisasi dan pendalaman latihan di Bandung ini. Mereka diharapkan memiliki teknik dan kemampuan yang lebih baik sehingga selain bisa berprestasi di SEA Games XXVI/2011 juga bisa menularkannya kepada atlet lainnya di Thailand," kata GHA Ahmad Derajat yang akrab dipanggil Aa Boxer itu.

Selain Thailand, tiga negara peserta eksibisi Tarung Derajat pada SEA Games 2011 lainnya yang akan berlatih di Bandung adalah petarung Vietnam dan Malaysia.

"Antusiasme negara ASEAN untuk turun di Tarung Derajat luar biasa, bahkan mereka menyatakan akan menjalani latihan beberapa hari di Bandung. Ini sebagai silaturahmi mereka mendatangi tempat kelahiran Tarung Derajat, mengenal lebih dekat termasuk mempelajari teknik-teknik langsung di sini," katanya.

Sementara itu Pengurus Pusat Tarung Derajat berupaya maksimal untuk menjadikan cabang olahraga itu dipertarungkan pada SEA Games XXVI.

Masuknya Tarung Derajat menjadi cabang eksibisi merupakan sebuah langkah maju dan peluang emas untuk membuktikan cabang olahraga yang lahir di Indonesia itu layak dipertandingkan sebagai cabang resmi kegiatan olahraga itu.

"Selain di SEA Games XXVI/2011, kami juga akan melobi tuan rumah SEA Games XXVII/2013 untuk menjadikan Tarung Derajat dipertandingkan dan menjadi cabang resmi," katanya.

Salah satu upaya antara lain dengan melakukan pembentukan pengurus atau top organisasi di sejumlah negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Timur Leste, serta yang lainnya. Selain itu, juga menyebar sejumlah pelatih untuk melatih di luar negeri.


Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Sumber: