Selasa, 2 September 2014

News / Olahraga

Dadi Juara Tour de Jabar

Jumat, 3 Desember 2010 | 12:18 WIB

PANGANDARAN, Kompas.com - Pebalap Putra Perjuangan Bandung, Dadi Suryadi dinobatkan menjadi juara "So Nice Tour de Jabar 2010", setelah membukukan waktu terkecil selama gelaran kejuaraan balap sepeda berlangsung yaitu 11.22.32.
     
Pemegang nomor "start" dua itu, meski mampu merebut kaos kuning yang sebelumnya dipegang oleh Warseno dari Tirta Cycling Team Solo Raya, belum pernah menjadi juara etape yang telah dilaluinya.  "Terus terang saya tidak menyangka bisa menjadi juara. Ini prestasi tertinggi yang saya raih selama berkarir di balap sepeda," katanya kepada Antara saat dikonfirmasi di Pengandaran Ciamis, Jumat.
     
Menurut dia, target awal ikut dalam kejuaraan ini adalah mendukung teman satu tim yang salah satunya pebalap senior Nunung Burhanudin. Tapi ditengah perjalanan bisa unggul, terutama di etape terakhir dari Pangandaran-Banjarsari PP.
     
Keunggulan di etape terakhir, kata dia, membuat selisih poin dengan pemegang klasemen umum yaitu Warseno mampu dikejar. Hasil yang diraih ini juga berkat dukungan dari tim.   "Sejak start etape terakhir saya terbawa rombongan depan. Saya tidak sadar kalau meninggalkan rombongan dibelakang. Setalah itu, saya berusaha terus menekan hingga finis," ujarnya menambahkan.

Dadi Suryadi yang baru saja lolos seleksi timnas SEA Games 2011 itu, selain merebut kaos kuning sebagai pemimpin klasemen juga merebut kaos biru atau pebalap Jawa Barat tercepat.
     
Dengan kemenangan ini, pebalap asal Sumedang itu berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp6 juta untuk klasemen umum dan Rp5 juta untuk pebalap Jabar tercepat.
     
Untuk posisi kedua direbut pebalap dari Customs Cycling Club Robin Manulang dengan catatan waktu 11.22.41, disusul Warseno dari Tirta Cycling Team Solo Raya dengan catatan waktu akhir 11.24.47.

"Saya sempat kaget bisa meraih kaos kuning di etape-etape awal. Sebetulnua saya berusaha mempertahankan diri tapi tidak mampu. Tim lawan cukup kuat," kata Warseno saat dikonfirmasi.

Sementara itu untuk klasemen akhir tim, Putra Perjuangan Bandung berada diposisi pertama disusul Customs Cycling Club dan diposisi tiga Dodol Picnic Garut. Tim ini masing-masing secara berurutan memperoleh hadiah Rp10 juta, Rp7,5 juta dan Rp5 juta.

"So Nice Tour de Jabar 2010" menempuh jarak 540 km dan terbagi atas lima etape yaitu 1A, 1B, II, III dan IV. Selain mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Jawa Barat dan beberapa kabupaten/kota, juga didukung penuh oleh perusahaan sosis So Nice.


Editor : A. Tjahjo Sasongko