Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penukaran Uang dan ATM Akan Ditambah

Kompas.com - 11/11/2010, 04:23 WIB

Palembang, Kompas - Bank Sumsel Babel siap menambah jumlah tempat penukaran uang dan anjungan tunai mandiri di tempat strategis di Palembang untuk kelancaran SEA Games 2011.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Asfan Fikri Sanaf, Rabu (10/11), mengungkapkan, pihaknya telah merencanakan untuk menambah jumlah tempat penukaran uang di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, wisma atlet, dan tempat pertandingan yang ramai.

”Masing-masing tempat itu akan kami buat satu tempat penukaran uang. Nanti kita lihat tempat pertandingan apa yang sesuai,” kata Asfan.

Menurut dia, jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) juga akan ditambah di tempat yang sama dengan tempat penukaran uang, yaitu di wisma atlet, bandara, dan tempat pertandingan. Setiap lokasi ATM terdiri dari beberapa mesin.

”Bank Sumsel Babel sudah bekerja sama dengan perbankan Malaysia sehingga kartu ATM dari Malaysia bisa dipakai di sini,” ujar Asfan.

Ia melanjutkan, Bank Sumsel Babel pada tahun 2011 akan menambah satu mobil kas keliling untuk menunjang kelancaran SEA Games.

Jumlah mobil kas keliling saat ini baru satu unit sehingga akan ditambah satu unit lagi, menjadi dua unit. Satu mobil beroperasi di wilayah seberang ilir dan satu lagi di wilayah seberang ulu.

”Mobil kas keliling fungsinya seperti kantor kas. Di dalam mobil kas keliling, nasabah bisa membuka rekening maupun menutup rekening. Di sana juga ada mesin ATM dan ada petugasnya,” katanya.

Sejumlah mata uang

Asfan menuturkan, tempat penukaran uang tersebut hanya melayani penukaran mata uang tertentu yang diizinkan Bank Indonesia.

Mata uang yang bisa ditukarkan adalah dollar AS, dollar Singapura, ringgit Malaysia, dan baht Thailand. Selain keempat mata uang tersebut, penukaran mata uang yang lain tidak dapat dilayani.

”Jumlah uang yang tersedia di setiap tempat penukaran uang belum bisa ditentukan sekarang,” ujar Asfan.

Ia mengatakan, Bank Sumsel Babel mempertimbangkan untuk mendirikan tempat penukaran uang di pusat perbelanjaan dan pasar. Tempat penukaran uang di tempat tersebut akan mempermudah tamu. (WAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com