Kamis, 24 Juli 2014

News / Olahraga

SEA Games XXVI

SEA Games Tetap di Empat Provinsi

Minggu, 30 Mei 2010 | 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - SEA Games XXVI yang berlangsung mulai 11 November 2011 dipastikan akan diselenggarakan di empat wilayah di Indonesia yaitu Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Hal ini dipaparkan Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo selepas SEA Game Federation Council Meeting di Hotel Mulia, Jakarta, Minggu (31/5/2010).

"Kita berusaha seefisien mungkin tapi pemerintah sudah menetapkan di empat tempat sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres). Hal itu sudah tidak ada masalah. Kita anggap saja ini sudah final, kalaupun ada perubahan hanya mengenai cabang olahraga (cabor)nya saja," kata Rita.

Sementara mengenai lokasi pelaksanaan upacara pembukaan dan penutupan, ia mengaku masih belum mendapat kepastian dari pihak Menegpora. Dua wilayah lainnya yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah sebelumnya telah lebih dahulu menolak dijadikan sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan, sehingga tersisa dua wilayah lagi yaitu DKI Jakarta atau Sumatera Selatan.

"Pembukaan dan penutupan akan dilakukan di satu kota tapi tempatnya belum diketahui," tandas Rita.

Meski sempat dirisaukan dengan kendala dana dan transportasi, Rita mengungkapkan negara-negara lain tidak mengalami masalah apapun dengan ditunjuknya empat kota sekaligus sebagai tuan rumah SEA Games kali ini. "Mereka tidak masalah dan semuanya diserahkan kepada Indonesia sebagai tuan rumah karena hal ini berkaitan dengan venue," sebutnya.

Dalam rapat yang dihadiri 11 perwakilan negara Asia Tenggara ini juga dibicarakan mengenai penambahan cabor yang akan diselenggarakan. Dari pihak Indonesia yang menjadi memberikan usul enam tambahan cabang olahraga yakni : paragliding, panjat tebing, sepatu roda, bridge, futsal dan soft tenis.

Keenam cabor tersebut langsung disetujui dan disahkan terdaftar untuk SEA Games XXVI. Sedangkan dari negara lain di luar Indonesia memberikan usul enam cabang olahraga lain yakni arnis, muai, hoki, netball, petaque, squash, triathlon, vovinam dan kriket. Akan tetapi hanya dua cabor, pethang dan muaithai yang baru disetujui.

Secara keseluruhan total cabor yang akan diselenggarakan pada SEA Games XXVI adalah 44 cabor yang tersebar di Sumatera Selatan (11 cabor), DKI Jakarta (15 cabor), Jawa Barat (11 cabor) dan Jawa Tengah (7 cabor).


Editor : cay