Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Dilarang Makan Daging Sapi

Kompas.com - 14/01/2010, 19:59 WIB

NEW DELHI, Kompas.com - Partai oposisi India mengusulkan agar saat pelaksaanaan pesta olahraga persemakmuran (Commonwealth Games) Oktober, tidak dihidangkan menu daging sapi.

Partai nasionalis Hindu, Bharatiya Janata (BJP) mengusulkan pelarangan ini dengan alasan untuk  melindungi nilai-nilai budaya dan tradisi  kuno bangsa. Anggota senior BJP, Rajnath Singh mengajukan usulan ini kepada panitia penyelnggara.

"Sapi adalah binatang yang dianggap suci di India," tulis Singh kepada Sureh Kalmadi yang merupakan ketua panitia penyelenggara pesta olahraga yang akan berlangusng 3-14 Oktober mendatang. "Pesta olahraga persemakmuran merupakan ajang penting yang dapat kita manfaatkan untuk menghormati nilai-nilai budaya dan tradisi kuno kita."

"Dengan menghapus (daging) sapi dari daftar menu, panitia penyelenggara bukan hanya menghargai perasaan banyak orang, namun juga  menyelamatkan event dari kecaman mau pun kontroversi," lanjut Singh.

Kebanyakan penganut Hindu memang tidak memakan daging sapi dan di beberapa negara bagian di India bahkan melarang pemotongan sapi.

Commonwealth Games akan diikuti 6000 atlet dan 2000 ofisial. Pesta olahraga ini akan mempertandingkan 17 cabang olahraga dan diikuti 71 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com