Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aldi Lukman Juga Raih Emas Wushu

Kompas.com - 16/12/2009, 15:51 WIB

VIENTIANE, KOMPAS.com — Atlet wushu Aldi Lukman menyusul sukses Susyana tampil sebagai juara wushu nomor changquan putra SEA Games 2009 di Lao ITECC Vientiane, Rabu.
   
"Saya puas karena pada SEA Games 2007 lalu saya hanya berada di peringkat keempat. Saya memang sudah bertekad untuk membalas kekalahan yang mengecewakan ketika itu," kata Aldi seusai pertandingan yang juga disaksikan hampir seluruh pejabat Indonesia, termasuk Mennegpora Andi Mallarangeng, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo, dan Ketua Kontingen Alex Noerdin.
   
Sehari sebelumnya, Susyana, yang bertanding di nomor changquan putri, membuka jalan bagi sukses wushu Indonesia dengan merebut emas pertama.
   
Aldi memastikan medali emas setelah "dikeroyok" oleh dua atlet Malaysia, yaitu Ang Eng Chong dan Ng Say Yoke yang masing-masing harus puas dengan medali perak dan perunggu. Pria kelahiran Medan pada 4 September 1988 itu mengumpulkan nilai 9,70, unggul tipis dari Ang dan Ng yang masing-masing meraih nilai 9,67 dan 9,65.
   
Sukses Aldi merebut emas membuat kontingen wushu Indonesia yang berlatih selama tiga bulan di China sudah memenuhi target dua medali emas. Selain meraih emas di nomor changquan, Aldi sebelumnya juga merebut medali perak di nomor dulian (senjata), berpasangan dengan Johannes Bie.
   
Namun, harapan Indonesia untuk menambah perolehan emas sekaligus melampaui target semula telah gagal setelah Heriyanto yang turun di nomor nanquan putra dan Lindswell di nomor taijiquan hanya meraih medali perak.
   
Kegagalan Lindswell tersebut cukup menyesakkan karena ia hanya kalah dengan nilai sangat tipis dibanding atlet Malaysia, Chai Fong Ying, yang akhirnya meraih emas. Lindswell mengumpulkan nilai 19,30, sementara Chai Fong 19,32. Medali perunggu diraih Wilai Ratanawongsaro dari Thailand (19,21).

Indonesia untuk sementara mengumpulkan dua medali emas dan dua perak untuk menempati peringkat ketiga setelah Malaysia dan Vietnam.
   
Berikut klasemen sementara cabang wushu yang memperebutkan total 20 medali emas setelah pertandingan Rabu:
1.  Malaysia    3   1   3
2.  Vietnam     2   3   1
3.  Indonesia   2   3   0
4.  Laos        2   0   1
5.  Singapura   1   1   0
6.  Myanmar     0   2   4
7.  Brunei      0   1   1
8.  Filipina    0   0   4
9.  Thailand    0   0   3
10. Kamboja     0   0   1

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com