Jumat, 19 September 2014

News / Olahraga

Indonesia Targetkan Juara Umum SEA Games 2011

Sabtu, 14 November 2009 | 23:32 WIB

JAKATA, Kompas.com - Indonesia menargetkan menjadi juara umum pesta olahraga tingkat Asia Tenggara SEA Games yang akan diselenggarakan di Indonesia, pada 2011. Sekretaris Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Wafid Muharram, mengatakan, untuk mencapai target itu Indonesia akan mempersiapkan kontingennya sekaligus penyelenggaraannya dengan baik dan maksimal.

"Target jadi juara umum akan dicapai  dengan cara-cara yang sportif dan bermartabat," kata Wafid, Sabtu (14/11).

Dikatakannya, dengan mempersiapkan kontingen yang maksimal dan penyelenggaraan yang baik, Indonesia tidak hanya bisa mencapai juara umum tapi akan dipuji negara-negara peserta SEA Games.

Lokasi penyelenggaraan SEA Games 2011, kata dia, di empat provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera Selatan.

Untuk mempersiapkan kontingen yang maksimal, kata Wafid, Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) harus bersinergi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), maupun lembaga terkait lainnya di seluruh daerah di Indonesia.

Menurut dia, pemerintah pusat melalui Kantor Menegpora akan melakukan penguatan kelembagaan pembinaan atlet di daerah, sedangkan Dispora di daerah mempersiapkan pembinaan atletnya.

Penguatan kelembagaan pembinaan atlet, kata dia, seperti di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLPP), Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM), dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

"Pembinaan atlet melalui PPLP, PPLM, dan SKO bisa dipersiapkan untuk SEA Games 2011 maupun even olahraga lainnya untuk jangka panjang," kata Wafid.

Ia mencontohkan, kejuaraan nasional anggar yang diselenggarakan di Sumatera Selatan baru-baru ini. Hasilnya, atlet-atlet dari PPLP memiliki prestasi yang baik dan bisa mengimbangi prestasi atlet anggar nasional.

Menurut dia, Kantor Menegpora optimistis dengan penguatan kelembagaan pembinaan atlet maka prestasi atlet ke depan bisa ditingkatkan.

"Indonesia belum menentukan akan meraih berapa medali emas pada SEA Games 2011 mendatang. Tapi sebagai tuan rumah, Indonesia menargetkan menjadi juara umum," katanya.

Untuk SEA Games di Laos bulan Desember 2009 ini, Indonesia menargetkan di posisi ketiga. Kontingen Merah-putih diberi target meraih sekitar 60 medali emas.


Editor : lou
Sumber: