Senin, 15 September 2014

News / Olahraga

Calzaghe Gantung Sarung Tinju

Jumat, 6 Februari 2009 | 11:23 WIB

LONDON, KAMIS — Juara dunia tinju sejati asal Wales, Joe Calzaghe, memutuskan menggantung sarung tinju dengan menyamai rekor petinju legendaris Rocky Marciano sebagai petinju tidak terkalahkan.

Calzaghe yang kini telah berusia 36 tahun memutuskan untuk tidak lagi bertinju setelah mengantongi gelar juara dunia kelas menengah dan berat ringan.

"Sekarang saatnya pergi. Selalu saja ada keinginan untuk bertanding, terutama apabila anda seorang juara dan tidak terkalahkan. Tetapi saya telah sampai pada kepuasan sebagai petinju yang tidak terkalahkan." Calzaghe kini disejajarkan dengan petinju legendaris Rocky Marciano yang menjadi juara dunia kelas berat 1950-an dan mundur setelah tidak pernah kalah dalam 46 pertarungan.

Menurut Calzaghe, ia mengambil keputusan tersebut dengan berat hati. Ia terakhir kali bertanding November lalu saat memukul KO petinju veteran AS, Roy Jones Jr, di Madison Square Garden, New York. "Saya telah meraih semuanya. Di depan saya tidak ada lagi gunung yang ingin saya daki."

Calzaghe telah mencatat prestasi gemilang sejak menjadi petinju amatir. Ia meraih gelar juara dunia untuk pertama kali saat mengalahkan Chris Eubank dalam perebutan gelar juara dunia kelas menengah super versi WBO di Sheffield pada 1997.

Ia mempertahankan gelarnya sebanyak 21 kali, termasuk pertarungan yang berat menghadapi petinju AS, Jeff Lacy, pada Maret 2006. Petinju Wales ini kemudian mengalahkan petinju-petinju besar seperti Michael Kessler serta merebut gelar juara dunia tinju kelas berat ringan dengan mengalahkan petinju veteran AS, Bernard Hopkins, di Las Vegas.

Sebagai penghargaan, Calzaghe meraih gelar olahragawan terbaik oleh BBC pada 2007 dan dianugerahi penghargaan BBE saat ulang tahun Ratu Inggris. Seusia pensiun, Calzaghe berniat menjalankan bisnisnya di bidang pertelevisian.


Editor :
Sumber: